\

Jumat, 16 September 2011

KESULITAN AYAH MENDEKATKAN DIRI DENGAN ANAK

Dalam dunia modern ini, peran ayah sebagai kepala keluarga sering terfokus pada usaha untuk memenuhi seluruh kebutuhan keluarga, terutama keuangan. Dengan demikian, tak jarang seorang ayah harus membanting tulang mencari nafkah keluarga dan pulang dalam keadaan lelah tanpa memiliki kesempatan banyak untuk berinteraksi dengan istri dan anak-anak.

Fenomena ini akan lebih terasa di kota besar dengan tekanan hidup yang lebih tinggi. Belum lagi ditambah kemacetan yang semakin parah membuat seorang ayah banyak kehilangan waktu berharganya untuk berinteraksi dengan anak yang tentunya menjadi factor utama kenapa seorang ayah sangat sulit untuk mendekatkan diri kepada anak-anaknya.
Berdasarkan sebuah penelitian, peran ayah sangat penting dalam membangun kecerdasan anak. Seorang ayah sebagai kepala keluarga sekaligus pengambil keputusan utama dalam keluarga memiliki posisi penting dalammendidik anak. Seorang anak yang dibimbing oleh ayah yang peduli, perhatian dan menjaga komunikasi akan cenderung berkembang menjadi anak yang lebih mandiri, kuat, dan memiliki pengendalian emosional yang lebih baik dibandingkan anak yang tidak memiliki ayah seperti itu, hal ini tentunya sangat mempengaruhi Fisiologi anak yang berdampak pada perkembangan anak itu sendiri.
Menciptakan kedekatan antara seorang ayah dengan anak adalah sebuah investasi yang sangat berharga dalam sebuah keluarga. Untuk itu berikut ada beberapa tips yang bisa anda lakukan bagi anda yang mengalami kesulitan dalam berinteraksi kepada anak-anak anda.
Sebaiknya yang pertama anda lakukan adalah mulailah membiasakan diri untuk berbagi tugas dan terlibat langsung dalam pengasuhan dan perawatan anak selanjutnya apabila anak anda mengajak bermain, maka ikutilah permainannya dengan sepenuh hati tentunya, selain itu hal yang perlu anda lakukan juga adalah menjalin komunikasi yang intensif di mana ada proses saling percaya satu sama lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar