\

Jumat, 16 September 2011

MEMERIKSAKAN KESEHATAN BAYI

Setelah bayi lahir, mereka perlu menjalani pengecekan kesehatan secara intensif.

Pengecekan pertama biasanya dilakukan 72 jam setelah bayi lahir, dan selanjutnya dilakukan ketika bayi sudah berusia 6-8 minggu.
Selanjutnya akan lebih baik jika Anda menjadikan hal ini sebagai bagian dari rutinitas Anda terhadap buah hati Anda.
Jadwal pengecekan yang umum dilakukan adalah sebagai berikut:
  • Ketika lahir
    Pengecekan pada saat ini terutama difokuskan terhadap fungsi indera pendengaran si bayi. Semakin cepat ditemukan jika terdapat gangguan pendengaran akan semakin baik untuk ditangani secara medis. Sebab menurut penelitian bahwa pendengaran sangat penting bagi perkembangan fisik maupun mental bayi.
  • Usia 6-8 minggu
    Pada usia ini biasanya merupakan usia dimana bayi mendapatkan imunisasi pertama mereka
  • Usia 8 bulan
  • Usia 18-21 bulan
  • Usia 3-3,5 tahun
  • Usia 4,5-5,5 tahun
Dalam pemeriksaan tentu perlu dilakukan oleh tenaga dokter professional. Umumnya sebelum melakukan pemeriksaan, mereka akan menjelaskan dengan detil tentang pemeriksaan yang dilakukan terhadap orang tua.
Pemeriksaan yang akan dilakukan terhadap bayi akan dimulai dari kepala hingga ujung kaki untuk meyakinkan bahwa bayi Anda tidak memiliki keanehan secara fisik yang memerlukan perawatan lebih lanjut.
Selain fisik luar, pengecekan ini juga berarti pengecekan terhadap organ dalam seperti jantung, mata, dan jika bayi Anda laki-laki juga akan dilakukan pengetesan terhadap testikel.
Selanjutnya yakni pengecekan melalui tes darah. Tes darah dapat memberikan gambaran yang lebih mendalam mengenai organ dalam bayi.
Melalui tes darah juga dapat dilakukan deteksi dini jika terdapat ketidak teraturan sel darah pada tubuh yang bisa saja disebabkan karena adanya penyakit turunan, ataupun cystic fibrosis yakni masalah pada darah yang menyebabkan gangguan fungsi kerja paru-paru dan pankreas.
Pengecekan kesehatan bayi Anda merupakan saat yang tepat bagi Anda terutama yang baru menjadi seorang Ibu maupun Ayah dalam mengenal bayi Anda lebih lanjut dari sisi kesehatan.
Maka itu Anda disarankan untuk menanyakan apapun itu yang menjadi pertanyaan dibenak Anda mengenai kesehatan dan perawatan si buah hati Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar